Mesin karakter
Mesin
Mesin merupakan mekanisme yang terdefinisi dan mengerti serta mampu untuk mengeksekusi aksi aksi primitif yang terdefinisi untuk mesin tersebut.
Aksi-aksi primitif disini dapat dianalogikan sebagai fungsi dan prosedur yang terdefinisi dari segi input, proses dan output. Sebagai contoh sederhana adalah mesin kendaran bermotor.
Maka dari itu, sebuah mesin dapat dikatakan sebagai mekanisme karena memiliki primitif-primitif yang terdefinisi dengan baik fungsi-fungsinya sehingga dapat menghasilkan sesuatu.
Mesin Abstrak
Mesin abstrak adalah mesin yang dianggap ada dan diasumsikan dapat melakukan mekanisme yang didefinisikan untuk mesin tersebut. Mesin abstrak ini digunakan untuk memodelkan suatu mekanisme tertentu supaya dapat lebih mudah dipelajari. Dengan menggunakan mesin abstrak, perancang program dapat dengan mudah membuat suatu mekanisme dari mesin yang akan dibuat.
Dalam pemrograman, mesin abstrak ini diciptakan pada tahap konseptual dan belum menjadi sesuatu yang riil. Perancang program seringkali harus mendefinisikan mesin-mesin abstrak untuk memecahkan masalah secara bertahap, sehingga pada akhirnya nanti seluruh primitif serta mekanisme dapat terdefinisi dengan baik. Setelah mesin abstrak ini terdefinisi dengan baik (termasuk fungsi dan prosedur yang terlibat), barulah kode-kode program dituliskan untuk menerapkan sesuatu yang abstrak menjadi produk yang nyata (riil) yaitu yang disebut sebagai mesin riil.
Mesin Integer (Pencacah)
Mesin integer merupakan sebuah mesin yang terdiri dari :
1. Satu buah tombol RESET
2. Satu buah tombol INC (singkatan dari increment yang berarti menambahkan)
3. Sebuah jendela yang menunjukkan angka integer yang sedang diingat, oleh karena itu angka yang muncul di jendela disebut sebagai Current Integer (CI).
Tombol RESET berguna untuk mengembalikan CI pada angka nol. Sedangkan tombol INC berguna untuk menambahkan angka 1 pada CI, jika CI bernilai 0 maka setelah tombol INC ditekan maka, CI akan bernilai satu. Nilai pada CI akan terus bertambah jika tombol INC selalu ditekan.
Mesin Karakter
Mesin karakter merupakan mesin abstrak yang di dalamnya terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
1. Pita yang berisi deretan karakter dan diakhiri dengan tanda titik ’.’.
Pita yang hanya berisi tanda titik ’.’ akan disebut sebagai pita kosong.
Pita dalam mesin ini sebagai penggambaran dari array dengan tipe data char (karakter). Dalam lingkungan pemrograman dengan bahasa Pascal, tipe data ’string’ dapat diperlakukan sama dengan array dengan tipe data karakter.
2. Dua buah tombol yakni tombol START dan ADV (singkatan dari kata advance yang berarti memajukan)
3. Sebuah lampu EOP (End Of Position). Lampu ini akan menyala jika tanda titik ’.’ sudah terbaca, artinya sudah berada pada posisi terakhir. Penggambaran lampu menyala adalah kondisi dimana status padaa saat itu bernilai TRUE dan lampu padam adalah FALSE.
4. Sebuah ”jendela” yang ukurannya sebesar satu karakter saja. Hanya karakter yang sedang berada di jendela disebut sebagai Current Character (CC) dan dapat dibaca sedangkan karakter lain tidak terlihat.
Penggunaan Mesin
- Menghitung Jumlah Karakter
- Menghitung Jumlah Karakter Tertentu
- Menghitung Jumlah Kata
Tidak ada komentar